35 Anggota DPR PBD Dilantik Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat 

Nasional193 Dilihat

Sorong, PBD (OikoNews)- Sebanyak 35 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat Daya (DPR PBD) periode 2024-2029 dilantik dan diambil sumpah janji oleh Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat Dr. Budi Santoso, SH.,MH. Pelantikan itu  digelar melalui Rapat Paripurna Istimewa  bertempat di Aimas   Convention Centre (ACC) Kabupaten Sorong Papua Barat Daya, Jumat 11 Oktober 2024.

Berikut nama-nama 35 Anggota DPR Provinsi Papua Barat Daya yang dilantik:

1. Drs.Josafat Kambu, M.Si.,M.Th
2. Erwin Ayal, S.IP.,MM
3. Ir. Max Hehanussa
4. Febry Jein Andjar, SE., MM
5. Nansy Prisillia Karundeng,SE
6. Henry Andrew George Wairara, SE
7. Yanto Yata
8. Ortis Fernando Sagrim, ST
9. Jongky R. Fonataba, SE., MM
10. Anneke Lieke Makatuuk, SE
11. Marthinus Abraham Nasarany, SH., MH
12. Ahmad Fardhal Umlati
13. Habel Howay, S.Sos
14. Fredik Frans Adolof Marlissa, ST.
15. Denny Mamusung
16. Ehud Eduard Kondologit
17. Esterlita Ethy Sagrim
18. Muhamad Hanafi Muslim Simurut
19. Iim Abdul Hosim, SE
20. Ranley H.L Mansawan, SE
21. Zeth Kadakolo, SE., MM.
22. Frengky Baru, A.Ma.Pd
23. Petrus Nauw, SH.
24. Yusuf Marak, SE.
25. Jagalah Tafalas, SE., MM
26. Yustus Kambu,SH
27. Arifin S
28. David Sedik, A.Md
29. Pieters Kondjol, SE., MA
30. Syafrullah Salaten
31. Willem Assem, SE
32. Abdul Gafur
33. Sukriyadi
34. La Ode Samsir, ST
35. Surung Hamonangan Sibarani,SE.

Rapat Paripurna Istimewa dipimpin oleh Pimpinan Sementara DPR Provinsi Papua Barat Daya Henry A. G. Wairara dan Anneke Lieke Makatuuk.  Dalam pidatonya Henry Wairara mengatakan bahwa dengan terlaksananya pengambilan sumpah dan janji tersebut, maka DPR Papua Barat Daya masa jabatan 2024-2029 mulai memasuki masa tugas dan kewajibannya selaku wakil rakyat secara baik dan adil.

” Pj Gubernur Papua Barat Daya beberapa waktu lalu dalam pidatonya mengungkapkan bahwa tugas, peran dan fungsi dewan memiliki posisi yang sangat strategis. Sebab di satu sisi dewan selaku perwakilan rakyat yang dituntut untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat. Namun, disisi lain, dewan selaku mitra eksekutif harus bersinergi dengan pemerintah daerah,”ungkap Henry.

Pelantikan anggota DPR Provinsi Papua Barat Daya., Jumat (11/10). FOTO: OikoNews/Felicia Oki

Dikatakan Henry, saat ini
tugas dewan cukup kompleks dan mengancam, karena disamping melanjutkan tugas dewan yang sebelumnya, termasuk penyelesaian pekerjaan yang belum tuntas.Juga mengingatkan dewan terus mengembangkan dinamika kerja demi terwujudnya kondisi Papua Barat Daya yang lebih maju dan sejahtera.

“Oleh karena itu, dewan didorong oleh pengabdian yang tulus, baik dari semua langkah dan upaya yang dilakukan semata-mata demi suksesnya program pembangunan daerah.Kami berupaya untuk mengenal dan memahami persoalan yang dihadapi Provinsi Papua Barat Daya. Kami juga mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas amanah yang telah diberikan kepada kami. Mudah-mudahan kami dapat melanjutkan serta meningkatkan karya yang telah dicapai,” katanya.

Sementara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui PJ Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa’ad mengatakan bangsa Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, sehingga dapat melaksanakan 13 kali Pemilihan Umum yang berjalan relatif tertib dan lancar.

“Atas nama pemerintah saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menggunakan hak konstitusionalnya dalam pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Kami juga menyampaikan rasa terima kasih kepada  pihak penyelenggara yang terlibat, baik KPU, Bawaslu, DKPP, pemerintah daerah, pihak keamanan, rekan media serta seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi mensukseskan Pemilu,” kata Musa’ad.

Ia menyatakan, didalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 telah dipertegas tentang pola hubungan kemitraan antara DPRD dan DPRP dengan kepala daerah yang bersifat check and balance.

“Hal ini dimaksudkan untuk mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah pada setiap periode kepemimpinan maupun peralihan,”imbuhnya.

Pantauan Media ini, pelantikan turut dihadiri Ketua KPU PBD, Bawaslu, Forkopimda, para pejabat baik provinsi maupun pejabat kabupaten kota serta keluarga,kerabat dari masing -masing 35 Anggota DPR PBD yang dilantik.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *