Pemkot Sorong Gelar Pasar Murah Kendalikan Inflasi

Ekonomi105 Dilihat

Sorong(Oikonews)-Pemerintah Kota Sorong,Provinsi Papua Barat Daya bekerja sama dengan Bank Indonesia perwakilan Papua Barat menggelar pasar murah guna mengendalikan inflasi jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 1444 H, Selasa (10/4). Pasar murah diadakan di tiga lokasi yaitu halaman Kantor Dinas Pemuda dan Olah Raga, halaman Kantor Distrik Sorong Timur dan di halaman SD Yapis An Nur Kampung Baru.

Pj Wali Kota Sorong George Yarangga melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Thamrin Tajuddin saat membuka kegiatan pasar murah di halaman Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga, Kota Sorong, mengatakan pemerintah merasa perlu melaksanakan pasar murah jelang Idul Fitri 1444 H, selain sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat untuk mendapatkan bahan pokok dengan harga murah meriah, tetapi juga upaya untuk menekan inflasi di Kota Sorong.

Dia menyatakan Pemkot melaksanakan pasar murah di tiga tempat secara serentak dengan harga murah dan terjangkau. Biasanya pada momentum HBKN Idul Fitri terjadi lonjakan permintaan yang berpotensi terjadi kenaikan harga.

“Oleh karena itu pemerintah hadir dan intervensi melalui pasar murah ini. Tujuannya sebagai upaya untuk mempertahankan iklim usaha agar tetap kondusif, menjaga ketahanan stok dan ketahanan harga pasar,” jelas Tamrin.

Pelayanan kupon pasar murah pemkot.Foto : Yosep
Pelayanan kupon pasar murah pemkot.Foto : Yosep

Disebutkan bahwa total paket sembako yang disiapkan di tiga titik lokasi pasar murah sebanyak 1.286 dengan komoditi bahan pokok yang dijual seperti beras, minyak goreng, tepung terigu dan gula pasir.

Sasaran pasar murah ini, katanya, adalah masyarakat yang benar-benar membutuhkan sembako pada momentum jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Sementara itu Deputi Bank Indonesia Perwakilan Papua Barat Ronny Cahyadi kegiatan pasar murah kota Sorong dalam rangka menjaga inflasi menjelang Hari Besar Keagamaan Idul Fitri 1444 H.

“Kegiatan pasar murah ini sebagai salah satu mitigasi pengendalian menjelang Idul Fitri dan menjadi bagian dari gerakan nasional pengendalian inflasi pangan di Papua Barat Daya,”jelas Ronny Cahyadi.

Sementara itu , Ketua Komisi B DPRD Kota Sorong, Demanto Silalahi ketika dimintai tanggapannya, menyatakan , DPRD Kota Sorong sangat mendukung kegiatan pasar murah yang diadakan Pemerintah Kota Sorong.

” Sebagai wakil rakyat , kami tentu sangat mendukung dan kami berterimakasih atas pelaksanaan pasar murah ini. Karena ini suatu upaya membantu masyarakat kita untuk mendapatkan bahan pokok( Bapok)dengan harga yang lebih murah dari yang dijual di toko atau di pasar-pasar,” ungkap Ketua Komisi B bidang Perekonomian .

Anggota DPRD dari Partai Nasdem ini lebih lanjut mengharapkan pasar murah terus dilakukan pada momen menjelang hari-hari besar keagamaan. Pasalnya , kata Demanto, jelang hari raya keagamaan seperti Idul Fitri maupun Natal dan Tahun Baru biasanya harga-harga kebutuhan pokok merangkak naik sehingga memberatkan masyarakat.
” Sehingga pasar murah ini sangat membantu masyarakat,”ucap dia.

Dari pantauan media ini kegiatan pasar murah yang dilaksanakan sehari ini juga melibatkan pelaku ekonomi seperti supermarket Saga , Papua Supermarket,Ramayana Mall, AlfaMart, Delta Mandiri Perkasa, PT Santosa Abadi dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *