Kemendagri Apresiasi Pencanangan Bulan Kemerdekaan di Papua Barat Daya

Nasional306 Dilihat

Sorong ( Oikonews )- Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) mengapresiasi pencanangan bulan Agustus sebagai Bulan Kemerdekaan dan pendistribusian 10 juta bendera Merah Putih di Provinsi Papua Barat Daya (PBD) .

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri,  Bahtiar,  yang turut hadir dalam apel pencanangan bulan kemerdekaan di Stadion Wombik, Selasa (1/8),  mengatakan Pemerintah Papua Barat Daya memiliki semangat NKRI melalui pencanangan bulan kemerdekaan dan pencanangan pembagian gerakan 10 juta bendera merah putih.

Kegiatan pencanangan bulan kemerdekaan. FOTO: Oikonews/Felicia
Kegiatan pencanangan bulan kemerdekaan. FOTO: Oikonews/ Felicia

“Pencanangan ini menandakan bahwa provinsi Papua Barat Daya walaupun masih baru tetapi  memiliki semangat NKRI yang luar biasa, saya atas nama Mendagri memberikan apresiasi,” ungkap Bahtiar di sela- sela kegiatan pencanangan bulan kemerdekaan pada Selasa 1 Agustus 2023.

Kehadiran semua pihak termasuk penyelenggara negara baik eksekutif, legislatif dan yudikatif yang bekerja di wilayah Provinsi Papua Barat Daya membuat Pemerintah Pusat khususnya Kemendagri menjadi yakin bahwa daerah ini akan dikelola sebagai bagian integral Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berdasarkan kebersamaan dan semangat NKRI itulah, kata dia, Papua Barat Daya akan menjadi tolok ukur kemajuan negara ini, yakni Papua Barat Daya maju Indonesia maju, Papua Barat Daya sejahtera Indonesia sejahtera dan Papua Barat Daya aman maka Indonesia pun akan aman.

“Saya bangga dengan apa yang dilakukan di Provinsi Papua Barat Daya, dari Papua Barat Daya kita teguhkan persatuan dan kesatuan bangsa,” kata dia.

Kegiatan pencanangan bulan kemerdekaan dan pembagian 10 juta bendera merah putih ini, sebut dia, merupakan program nasional yang sudah dilakukan selama 2 tahun berturut-turut dan dilaksanakan secara serentak di seluruh di wilayah Indonesia.

Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Mochammad Musa’ad mengatakan, kegiatan pencanangan bulan kemerdekaan dan pembagian 10 juta bendera merah putih merupakan wujud solidaritas dan soliditas sebagai anak-anak bangsa, untuk bersama-sama meneguhkan semangat dan komitmen untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita telah canangkan bulan kemerdekaan maka sudah sejak tanggal 1 Agustus hingga 31 Agustus seluruh kegiatan akan terus berlangsung,” kata Musa’ad.

Sejak menerima dan mendistribusikan penyerahan bendera merah putih sebagai agenda nasional, yang dicanangkan dan dibuat oleh Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri, maka 10 juta bendera merah putih nanti distribusikan kepada semua komponen anak bangsa yang ada di Tanah ini, untuk dikibarkan.

“Bukan hanya menjaga benderanya tetapi juga menjaga negara dan bangsa agar tetap utuh dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote,” pesan dia.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Papua Barat Daya, Musa’ad menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Presiden Republik Indonesia, Wakil Presiden Republik Indonesia dan juga para menteri secara khusus Menteri Dalam Negeri dan jajarannya atas dukungan dan komitmen, untuk percepatan pembangunan di Provinsi Papua khususnya di Provinsi Papua Barat Daya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *