Danlantamal XIV Sorong Akui Pemberitaan Media Pers Membantu Tugas-tugas TNI AL 

Nasional119 Dilihat

SORONG, PBD (OikoNews)-Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XIV Sorong mengadakan silaturahmi bersama dengan insan pers di Mako Lantamal, Kota Sorong, pada Jumat 12 Juli 2024.

Silahturahmi dimaksudkan untuk membangun dan memperkuat hubungan kemitraan antara Lantamal XIV dengan para jurnalis/wartawan di Sorong Papua Barat Daya.

Komandan Lantamal (Danlantamal) XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo menyampaikan terima kasih kepada rekan media dalam mensupport dan mendukung tugas Lantamal XIV yang merupakan bagian dari unsur Angkatan Laut di wilayah Sorong.

Momen silahturahmi Danlantamal XIV dengan Insan Pers sewilayah Sorong.FOTO: OikoNews/Yosep Bifel

Diakui Danlantamal bahwa pemberitaan media massa selama ini sangat membantu pelaksanaan tugas-tugas TNI AL di Papua khususnya wilayah teritorial Lantamal XIV Sorong.

“Kami melihat banyak pemberitaan-pemberitaan sangat membangun. Pemberitaan yang memberikan warna bagi kami dalam menjalankan tugas-tugas di wilayah Sorong,” kata Danlantamal XIV Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo.

Dijelaskan Danlantamal bahwa, Lantamal XIV Sorong memiliki program-program yang bertujuan untuk membangun kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar lebih baik kedepannya.

Salah satunya, beber Danlantamal , mereka punya kapal layar untuk mendidik putra-putri asli Papua agar bisa berlatih dan menjadi atlet lalu bertanding di ajang nasional ataupun internasional.

“Olahraga layar masuk dalam kelas optimis, hanya dapat diikuti oleh atlet berusia dibawah 15 tahun. Sehingga yang kami latih putra-putri Papua dan diharapkan dapat menjadi atlet layar mewakili Papua Barat Daya di ajang nasional ,” ungkap Danlantamal.

Masih menurut Danlantamal, olahraga layar di Provinsi Papua Barat Daya telah masuk dalam tahap kepengurusan pada Ketua Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Jakarta.

“Mudah-mudahan dalam bulan ini sudah turun keputusan dari PP Porlasi Jakarta, untuk kepengurusan di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Barat Daya. Ini yang ingin saya rintis, Mudah-mudahan kedepan olahraga layar ini terwujud,” harap orang nomor satu Lantamal XIV ini.

Selain itu,  Lantamal XIV Sorong juga mempunyai program pembinaan potensi maritim di beberapa desa binaan, seperti Pulau Jefman.

Di Jefman Barat , katanya, ada masyarakat berprofesi sebagai petani keramba.

“Kami juga akan membuat keramba untuk membantu masyarakat lokal, tentunya kesulitan dialami masyarakat dari aspek finansial dan peralatan yang terbatas. Karena, budidaya ikan kerapu cukup menjanjikan karena diminati banyak orang. Dimana, harga jualnya berkisar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu per ekornya ukuran besar dalam waktu 3 sampai 6 bulan,”beber Danlantamal.

“Kami juga melaksanakan latihan-latihan secara rutin untuk pembinaan prajurit Lantamal XIV Sorong,” kata Danlantamal menambahkan.

Newakili rekan media, Kepala LPP RRI Sorong James Aweh menyampaikan rasa terima kasih kepada Danlantamal beserta jajaran yang telah menggagas acara silaturahmi.

“Kami sangat mengapresiasi acara silaturahmi yang dilaksanakan pada hari ini. Semoga, kedepannya hubungan media dan Lantamal XIV Sorong tetap berjalan dengan baik,”ucap James.

Danlantamal XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo meresmikan tempat bersantai Galasa Mako Lantamal XIV Sorong. FOTO: OikoNews/Yosep Bifel

Pada momen silahturahmi ini Danlantamal beserta jajarannya mengajak awak media yang hadir melihat Gazebo (taman santai terbuka) bernama “Galasa”tempat bersantai menikmati pemandangan laut .

“Tempat ini (gazebo) baru selesai dibangun dan hari ini saya ajak rekan wartawan bersantai di sini,” kata Danlantamal seusai meresmikan tempat bersantai Galasa.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *