Forkopimda Sorong Bersama KPU dan Bawaslu bangun Komitmen Sukseskan Pemilu 2024

Pemerintah bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya membangun komitmen untuk menyukseskan pemilu 2024 melalui deklarasi dan penadatanganan komitmen
secara bersama, Selasa (29/3).

Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso menjelaskan, deklarasi ini merupakan bagian dari komitmen bersama baik dari pemerintah, penyelenggara pemilu, forkopimda, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat untuk mengawal pesta demokrasi ini mulai dari setiap tahapan hingga puncak dari pesta demokrasi itu berjalan aman, lancar tertib dan berkualitas.

“Bagian ini merupakan tanggung jawab bersama untuk memastikan sekaligus menjamin tahapan demi tahapan berjalan lancar, aman dan nerkualitas,” jelas Penjabat Bupati Sorong, Yan Piet Mosso.

Sebab menurutnya, pemilu itu akan berjalan aman dan sukses itu tergantung kembali kepada kondusifitas keamanan dan stabilitas daerah.

“Sehingga sangat perlu komitmen ini dibangun secara bersama untuk mengawal kelancaran proses hingga puncak pemilu tersebut,” katanya.

Komitmen bersama ini merupakan bagian dari amanat undang-undang dan arahan Presiden RI dan Menteri Dalam Negeri kepada seluruh kepala daerah untuk kemudian dilaksanakan di setiap daerah.

“Jadi kita harap komitmen ini perlu dijalankan secara maksimal oleh setiap pemangku kepentingan sehingga proses dan tahapan pemilu ini bisa berlangsung secara baik dan berkualitas,” harap Penjabat Bupati Sorong, Yan Piet Mosso.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sorong, Adomince Pandori menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah atas komitmen bersama yang telah dibangun ini untuk menciptakan pemilu yang aman, damai dan berkualitas di Kabupaten Sorong.

“Saya sebagai Ketua KPU sangat mengapresiasi komitmen bersama ini supaya pemilu nantinya bisa tercapai secara baik dan berkualitas,” kata Ketua KPU Adomince Pandori.

Menurutnya, tanggung jawab proses pemilu hingga puncak pada 2024 mendatang bukan melulu kepada penyelenggara atau pemerintah. Tetapi lebih dari itu adalah tanggung jawab seluruh pihak terkait.

“Karena ini hajat kita maka kita perlu bertanggung jawab untuk menyukseskan hajatan pemilu itu,” jelas Ketua KPU Kabupaten Sorong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *