Leonard Yarollo: Sebaiknya Pj Gubernur Papua Barat Adalah Orang Netral dan Paham Pemerintahan

Sorong (Oikonews)- Mantan Anggota MRP PB, Leonard Yarollo,S.Th, SH mengatakan bahwa sebaiknya pengganti Penjabat Gubernur Papua Barat adalah orang yang memiliki sikap netral dan mempunyai pengalaman jabatan pemerintahan sebelumnya.

“Sebaiknya yang nanti duduk sebagai Pj Gubernur Papua Barat itu adalah orang yang memiliki sikap netral dan punya pengalaman pemerintahan,” pinta Mantan Anggota MRP PB, Leonard Yarollo, Jumat (7/10).

Drs.Valintinus Sominto,M.Si, sebut dia, pernah Pj Bupati Mimika dan Pj Sekda Provinsi Papua Tengah sehingga lebih cocok untuk menduduki jabatan Pj Gubernur Papua Barat.

“Kalau seperti itu, berarti seluruh elemen masyarakat Papua Barat pasti mendukungnya,” jelas Yarollo.

DPR Papua Barat mengusulkan tiga nama calon pengganti Penjabat (Pj) Gubenur Papua Barat Paulus Waterpauw. Ketiga nama tersebut sudah ada di meja Kemendagri untuk kemudian menentukan satu nama dari ketiga nama itu untuk dilantik.

Tiga nama tersebut ditetapkan dalam rapat paripurna DPR Papua Barat setelah meraih suara terbanyak dalam pemungutan suara atau voting dari anggota dewan di 7 fraksi pada 5 Oktober 2023.

Ketiga nama yang telah diusulkan terdiri dari Pj Sekda Papua Barat Yacob S Fonataba, Deputi Setwapres RI Bidang Dukung Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Vernando Wanggai, dan Direktur Penataan Otonomi Khusus dan Dewan Pertimbangan Daerah Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri Valentinus Sudarjanto Sumito.

Menurut dia, Dr.Velix Wanggai yang telah mendapatkan jabatan Deputi Kemendagri RI tidak perlu bergeser agar mengawal dana Otsus Papua dan juga mewakili orang asli Papua yang berkulit hitam dan rambut kriting di istana. (Juventz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *