Tidak Bisa ke Serui, Tim MRP-PBD Verfal Terhadap Balongub Joppy Wayangkau di Jayapura 

Jayapura, Papua (OikoNews)-Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat Daya (MRP-PBD) melakukan  verifikasi faktual (Verfal) terhadap Bakal calon gubernur(Balongub) Papua Barat Daya (PBD) Yoppy Onesimus Wayangkaw, di Gerson Homestay Abepura Jayapura  Senin,02 September 2024 pukul 12.00 WIT-selesai.

Kegiatan Verfal yang diagendakan di Kota Serui  terpaksa dialihkan ke Kota Jayapura mengingat akses Penerbangan ke Serui yang kurang memadai, keterbatasan waktu dan akomodasi sehingga Tim Verfal MRP-PBD bersama keluarga dari Letnan Jenderal Purn. TNI Yoppy Wayangkau harus melakukan kegiatan tersebut di Abepura, Jayapura.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Tim MRP-PBD Boudeken Watory, SH selaku Koordinator, Selly Kareth,S.Ak selaku Anggota dan Soleman Mobalen Anggota.

Selain itu mereka juga didampingi oleh Marlina Flassy selaku staf ahli antropologi MRP-PBD.

Kegiatan verifikasi faktual keaslian OAP terhadap bakal calon gubernur Papua Barat Daya Joppy Onesimus Wayangkau oleh Tim MRP-PBD di Jayapura. FOTO: OikoNews

Kepada awak media ini koordinator Tim MRP-PBD Boudeken Watory menyampaikan bahwa
proses Verfal adalah salah satu syarat penting untuk menetapkan bakal calon Yoppy Wayangkau sebagai orang asli Papua atau tidak.

“Proses ini seharusnya dilakukan di Kabupaten Serui namun karena satu dan lain hal sehingga kami harus lakukan di Kota Jayapura.Kami bersyukur karena keluarga besar dan juga para tokoh adat dalam hal ini Lembaga Masyarakat Adat yang berhubungan langsung dengan beliau semuanya hadir sehingga proses ini bisa berjalan dengan baik,”jelas Watory.

Dikatakan, hasil verifikasi ini akan dibawa dan dilaporkan kepada pimpinan MRP-PBD di Sorong, Papua Barat Daya.

“Melalui kesempatan ini saya ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat PBD bahwa untuk menentukan apakah beliau orang asli Papua atau tidak itu kembali kepada keputusan lembaga. Ada mekanisme dilembaga sehingga itu menjadi kewenangan lembaga MRP-PBD,”pungkas Watory.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *