Tim Kejagung RI dan Pemkab Sorong Rapat Koordinasi Pembentukan Kejari

Berita, Hukum293 Dilihat

SORONG, PBD (OikoNews)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong, Provinsi Papua Barat Daya (PBD) mendukung penuh Pembentukan Kejaksaan Negeri (Kejari) di wilayah kabupaten itu.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Sorong Edizon Siagian usai rapat koordinasi Tim Kejaksaan Agung (Kejagung) RI dengan jajaran Pemkab, Kepolisian dan unsur TNI di Kantor Bupati Sorong, Rabu 10 Juli 2024.

Pj Bupati Sorong menjelaskan, kehadiran Tim Kejaksaan dari pusat, serta kementerian terkait dalam rapat koordinasi dengan Pemkab Sorong tersebut, guna membahas lebih lanjut tentang pembentukan Kejaksaan Negeri di kabupaten Sorong.

Siagian menyebut persoalan dinamika kemasyarakatan terus meningkat dan jumlah penduduk di kabupaten Sorong bertambah sehingga ini menjadi dasar bagi lembaga hukum Kejaksaan mendekatkan pelayanannya di kabupaten ini.

“Persoalan dinamika kemasyarakatan terus meningkat, penduduk bertambah. Kita tahu bahwa di kabupaten Sorong sesuai data statistik 78 persen penduduknya adalah pendatang. Sehingga ini dibaca oleh teman-teman kejaksaan untuk membentuk kejaksaan baru di sini,” jelas Pj Bupati Sorong Edison Siagian dalam wawancara dengan awak media.

Dia menyatakan keberadaan sebuah kejaksaan negeri (kejari) memang diperuntukan bagi kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Sehingga kata Edison, kalau ada pembentukan Kejari di wilayah kabupaten Sorong tentu Pemda mendukung penuh.

Salah satu dukungan pembentukan Kejari baru , kata dia, pemkab Sorong telah menyiapkan lokasi tanah untuk pembangunan kantor Kejari.

“Pemkab mendukung. Dimana kami sudah sudah siapkan lokasi tanahnya. Dan tanah tersebut sudah lama disiapkan. Cuman tadi dalam rapat saya  sampaikan kepada tim Kejagung untuk dipersiapkan lagi, karena soal status atau legalitas tanah kami serahkan kepada pihak kejaksaan yang urus,” kata Edison.

Untuk diketahui, Kejaksaan Agung akan membentuk Kejari baru di tiga kabupaten di Provinsi Papua Barat Daya, yakni kabupaten Sorong Selatan (sudah dibangun) juga akan menyusul kabupaten Sorong dan Kabupaten Raja Ampat. Kemudian Kejari Sorong akan ditingkatkan statusnya atau naik Klas.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *