Wapres Harap PBD Kejar Target Pembangunan

Berita, Nasional450 Dilihat

Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin berharap kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya (PBD) untuk kejar target pembangunan guna mendukung tata kelola pemerintahan serta kemajuan di wilayahnya.

Hal itu disampaikan Wapres dalam acara peletakan batu pertama pembangunan pusat perkantoran Provinsi PBD di Stadion Wombik, kilo meter 16, Kota Sorong, Senin (17/7).

“Semuanya itu merupakan modal bagi Provinsi Papua Barat Daya untuk berlari mengejar target-target pembangunan,” jelas Wapres saat memberikan sambutannya.

Provinsi Papua Barat Daya merupakan provinsi baru di tanah Papua yang dibentuk melalui Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2022, pada 8 Desember 2022.

Sebagai provinsi termuda, Papua Barat Daya memerlukan percepatan pembangunan. Utamanya, dalam pengadaan sarana dan prasarana serta program proyek prioritas untuk mendukung tata kelola pemerintahan serta kemajuan di wilayahnya.

Berkaitan dengan itu, Wapres pun menyampaikan beberapa pesan penting dalam rangka mendorong percepatan pembangunan di Provinsi Papua Barat Daya.

“Saya ingatkan kembali, yang hadir bukan hanya gedungnya, tapi yang lebih penting adalah kehadiran pemerintah untuk melayani penduduk Papua Barat Daya dengan penuh integritas dan tanggung jawab,” tegas Wapres.

Wapres juga meminta sentra Pemprov Papua Barat Daya agar dapat memberikan manfaat seluas-luasnya untuk masyarakat.

“Meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat, melaksanakan fungsi sosial, kebudayaan dan olah raga, menjadi pusat literasi, memperkokoh harmoni, serta mendorong munculnya bakat-bakat generasi muda Papua Barat Daya, itu masuk pada bagian pembangunan,” beber Musa’ad.

Ma’ruf Amin pun mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk dapat memperteguh komitmen dan sinergi dalam rangka mewujudkan agenda prioritas jangka pendek tahun 2023 dan 2024, serta agenda jangka panjang di Papua Barat Daya yang senada dengan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua tahun 2022–2041.

“Saya meminta jajaran pemerintah daerah untuk terus menggandeng tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, kaum pemuda dan perempuan, serta kelompok strategis lainnya untuk mencapai tujuan bersama,” pinta Wapres.

Wapres menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas terbentuknya provinsi termuda di tanah Papua Ini. Sebab, melalui pembentukannya, masyarakat Papua Barat Daya memiliki rumah baru, yaitu Provinsi Papua Barat Daya.

“Rumah baru dalam wujud provinsi adalah identitas, jati diri daerah, sekaligus sebagai strategi untuk semakin mendekatkan pelayanan ke masyarakat, sehingga pelayanan publik dalam semangat Otonomi Khusus menjadi semakin baik,” pungkas Wapres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *